Senin, 15 Juli 2013

PROFILE KLINIK GRAHA AMANAH



Sebagai bentuk komitmen nyata terhadap mitra dan masyarakat,   
       maka Klinik Pratama Rawat Inap “ GRAHA AMANAH “                       
  sebagai salah satu sarana pelayanan kesehatan swasta terkemuka yang beralamat 
di Jl Rajawali No 328 RT 03 / II Karang Rena Maos Cilacap               
     merasa ikut terpanggil untuk bergabung dalam memfasilitasi               
   adanya pelayanan kesehatan yang bermutu                         
                       sesuai dengan kaidah ilmu kesehatan          
                                                dengan selalu mencari kiat                                                 mengadakan program dan layanan bertajuk :

“…………. Melayani anda dengan lebih baik………….”


MOTTO
Berkarya Husada Meraih Ridho Alloh Ta'ala


TUJUAN

Memberikan Dan Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Yang Melaksanakan Fungsi Sosialnya Serta Turut Aktif Dalam Tercapainya Tujuan Pembangunan Kesehatan Yang Merupakan Bagian Pilar Dari Program Bangga Mbangun Desa


FALSAFAH
Sebagai Pengemban Amanah Dan Risalah Melalui Pelayanan Yang Bermutu Didukung Oleh
Pelayanan Terbaik Serta Profesional Dalam Rangka Membantu Sesama Untuk Mencari Ridho Allah Ta’ala


SEJARAH PENDIRIAN KLINIK

Klinik Pratama Rawat Inap “ GRAHA AMANAH” terletak Jl Rajawali No 328 RT 03/II Desa Karang Rena, Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah. Demografi Kecamatan Maos terdiri atas 10 desa dengan luas 2.787,09 HA dengan jumlah penduduk sebanyak 46.978 yang terdiri dari 23.493 jiwa laki-laki dan 23.485 jiwa perempuan. Sementara data yang diperoleh dari Kantor Kecamatan Maos, bahwa jumlah sarana kesehatan yang ada di kecamatan Maos terdiri dari 1 Puskesmas, 4 Balai Pengobatan, 3 Puskesmas Pembantu dan 66 posyandu. Berdasarkan dari data yang ada menunjukkan bahwa nampaknya perbandingan populasi penduduk dengan penyebaran sarana kesehatan belumlah sebanding. Harapan kami keberadaan Klinik Pratama Rawat Inap “ Graha Amanah “ dapat sebagai bahan kajian dalam  upayanya membantu masyarakat Maos dalam memperoleh pelayanan kesehatan sehingga angka mortalitas dan morbiditas semakin menurun signifikan.

Pada awalnya, Klinik ini hanyalah merupakan suatu tempat praktik keperawatan mandiri  dengan focus pada pelayanan asuhan keperawatan mandiri dan sekaligus sebagai pusat pelayanan khitan. Berdasar SK Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap No 55/Dinkes/Batra/2007 pada tanggal 05 April 2007, maka berdirilah Balai Khitan “AMANAH”. Perkembangan dan pertumbuhan terus berlanjut tepatnya pada tanggal 12 Januari 2009 berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 1239/MENKES/SK/XI/2001 tentang Registrasi dan Praktik Perawat melalui SK Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap No 127/DINKES/Per/I/2009 dikeluarkanlah Surat Ijin Praktek Perawat kepada Aris Nur Rahmat AMd Kep An dan kepada Siti Rochana AMK.

Berbekal Surat Ijin Praktek Perawat inilah kemudian pemrakarsa senantiasa ingin berusaha mengembangkan pelayanannya kepada masyarakat dengan merangkul seluruh elemen yang terkait sehingga pada tanggal 24 Januari 2009 berdasarkan Peraturan Manteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 920/Menkes/Per/XII/86 tanggal 17 Desember 1986 dan Keputusan Menteri kesehatan Republik Indonesia Nomor 1189 A/Menkes/SK/X/1999 tanggal 11 Oktober 1999 maka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap pada tanggal 24 Januari 2009 mengeluarkan ijin operasional berdirinya Balai Pengobatan “GRAHA AMANAH” yang tertuang  Nomor 54/DINKES/BP/I/2009 dengan Dr Heri Yuliadri sebagai penanggung jawabnya.

Dengan hidayah dan pertolongan Allah tepatnya pada bulan Oktober 2009, usaha untuk pengembangan fisik terus dilaksanakan dengan dibangunnya sebuah bangunan lantai 2 yang kelak akan direncanakan sebagai pengembangan pelayanan kesehatan masyarakat. Berkat Rahmat serta ijin-Nya pada acara Buka Bersama Masyarakat dan Pemberian Bingkisan Lebaran Untuk Janda Kurang Mampu dan Anak Berprestasi tepatnya di bulan suci Ramadhan 1431 H atau di malam takbiran Hari Raya Idul Fitri 1431 H (Hari Kamis 09 September 2010) maka sosialisasi sekaligus lounching bangunan baru Balai Pengobatan “GRAHA AMANAH” secara resmi dikenalkan kepada masyarakat.

Seiring dengan perkembangan dinamika regulasi pemerintah melalui Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 028/Menkes/Per/I/2011 tentang Klinik, maka pemrakarsa terpanggil untuk menyambut dan memenuhi segenap peraturan yang ada sekaligus sebagai upaya kongkrit atas ekspektasi masyarakat akan pelayanan prima dan elegan dengan kemudian mendirikan sebuah Badan Hukum berupa Perseroan Komanditer dengan nama CV GRAHA AMANAH PUTRA MANDIRI dengan Akta Notaris Ratih Setyowati SH MKn Nomor 07 tertanggal 07 Mei 2011 yang telah didaftarkan di Kepaniteraan Pengadilan Negeri Cilacap No 139/2011/Pend/Not pada hari Senin 09 Mei 2011. Dengan badan hukum inilah, pemrakarsa hendak berusaha komitmen akan  kebutuhan kesehatan masyarakat dan bersama-sama membangun serta berkarya dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Dan Alhamdulillah ijin operasional Klinik akhirnya terbit dengan telah diterbitkannya Surat Ijin Klinik Pratama Rawat Inap No 15/DINKES/Klinik. P. RI/IX/2011 oleh Dinas Kesehatan Pemerintah Kabupaten Cilacap pada hari Senin tanggal 19 September 2011.

Dalam perkembangannya kemitraan sebagai bagian dari perencanaan. Alhamdulillah pada tanggal 10 April 2012, terjalinlah Perjanjian Kerja Sama antara PT ASKES (Persero) Cabang Purwokerto dengan Klinik Graha Amanah tentang Pelayanan Rawat Jalan Tingkat Pertama Bagi Peserta ASKES Sosial PT ASKES (Persero) dengan no 060/KTR/VI.03/0412. Ini merupakan awal dari karya yang baik bersama masyarakat.

Berbagai kegiatan baik yang promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif telah dilaksanakan. 
Diantaranya adalah :
  1. Program Home Visite berkelanjutan
  2. Program Prolanis
  3. Pembentukan Graha Amanah Resti Club
  4. Senam Sehat
  5. Usaha Promotif / Pendidikan Kesehatan
  6. Usaha Preventif
  7. Upaya kuratif (pengobatan umum)
  8. Bekerjasama dalam Sistem Managed Care dan Sistem Informasi Manajemen PT. Askes (Persero)
  9. Menyampaikan Laporan Kunjungan Rujukan dan Laporan Pemantauan Status Kesehatan kepada PT Askes (Persero) Cabang Purwokerto paling lambat tanggal 3 pada bulan berikutnya setiap bulan
  10. Pengiriman laporan via email ke alamat kc-purwokerto@ptaskes.com terlebih dahulu dan hardcopy dikirim menyusul ke Kantor PT Askes (Persero) Cabang Purwokerto maksimal tanggal lima.Berusaha secara optimal sebagai gate keeper dengan mengendalikan rujukan maksimal 15 % kunjungan.

Selain bermitra dengan PT ASKES (Persero) Cabang Purwokerto, Klinik juga telah menjalin kemitraan dengan PT JAMSOSTEK (Persero) Cilacap dalam Pemberian Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Program Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) Paket Dasar yang tertuang melalui Perjanjian Kerja Sama Nomor : Per / 42 /122012 tanggal 01 Desember 2012.
MAKSUD DAN TUJUAN 
BERDIRINYA KLINIK PRATAMA RAWAT INAP  “ GRAHA AMANAH “

Bertitik tolak dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 028/ MENKES/PER/I/2011  tanggal 04 Januari 2011 bahwa Klinik sebagai salah satu bentuk fasilitas pelayanan kesehatan dibutuhkan untuk terselenggaranya pelayanan kesehatan yang mudah diakses, terjangkau, dan bermutu dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Oleh karena itu disadari ataupun tidak, bahwa peraturan tersebut harus kita sambut agar peran serta  masyarakat dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan swasta secara mandiri, terjangkau dan dapat diterima oleh masyarakat sesuai dengan Sistim Kesehatan Nasional. Dan dalam kenyataannya memang kehadiran usaha - usaha kesehatan swasta ternyata masih dibutuhkan oleh masyarakat yang dilaksanakan oleh perorangan, Yayasan maupun oleh Badan-badan lain. Mengingat hal tersebut diatas, maka kami sebagai anggota masyarakat bermaksud ikut berupaya dan berpartisipasi dalam bidang pelayanan kesehatan melalui pendirian Klinik Pratama Rawat Inap “ GRAHA AMANAH “ yang berlokasi di Jalan Rajawali No 328 RT 03 / II Karang Rena Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap, yang bertujuan :

a.    Tujuan Umum :
  1. Klinik Pratama Rawat Inap “ GRAHA AMANAH “ ingin berpartisipasi dan berperan dalam bidang pelayanan kesehatan terutama dibidang pelayanan dasar ( Pengobatan Umum ).
  2. Memberikan dan meningkatkan pelayanan kesehatan yang melaksanakan fungsi sosialnya serta turut aktif dalam tercapainya tujuan pembangunan kesehatan.

b.    Tujuan Khusus :
  1. Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama masyarakat di wilayah Kecamatan Maos dan sekitarnya dalam bentuk pelayanan kesehatan dasar.
  2. Melaksanakan upaya pelayanan kesehatan paripurna dan turut aktif melaksanakan pembinaan peran serta masyarakat dilingkungannya.
  3. Melaksanakan sistim informasi timbal balik dengan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah ( dalam hal ini Puskesmas setempat ) dengan cara menjalin sistim rujukan, melaporkan kejadian-kejadian luar biasa ( KLB ) serta terlibat aktif dalam sistim pencatatan dan pelaporan terpadu ( SP2TP ).
KEGIATAN – KEGIATAN

Berdasarkan Permenkes No 028/Menkes/Per/I/2011 Pasal 4 Bab II ayat 1 bahwa kegiatan Klinik Pratama Rawat Inap “ GRAHA AMANAH “merupakan penjabaran dari kegiatan pada lingkup pelayanan kesehatan dasar dan prinsip pelayanan kesehatan paripurna yang meliputi pelayanan promotif, preventi, kuratif, dan rehabilitatif.




PROGRAM
PELAYANAN YANG DILAKSANAKAN :


EMERGENCY GAWAT / DARURAT 24 JAM
BREATHING MANAJEMEN DENGAN NEBULIZER DAN OKSIGEN
PELAYANAN RAWAT JALAN (POLIKLINIK)
PELAYANAN RAWAT INAP
KHITAN CENTER
HOME CARE
KLINIK KELUARGA BERENCANA (KK)
PELAYANAN FARMASI
PELAYANAN LABORATORIUM
PELAYANAN FISHIOTHERAPY SINAR INFRA PHIL
AMBULANCE 24 JAM
GIZI



FASILITAS :
MUSHOLA AL FATTAH
PELAYANAN PPOB (PEMBAYARAN LISTRIK, PULSA, PDAM OL LINE)



Demikian profile ini dibuat. Kami menyadari bahwa Klinik Pratama Rawat Inap “ GRAHA AMANAH “ yang merupakan bagian dari expresi dan visualisasi peran serta swasta dalam pembangunan kesehatan di wilayah Kecamatan Maos berharap bisa menghasilkan daya ungkit yang besar untuk masyarakat dalam meningkatkan kemampuan dalam mencapai derajat kesehatan secara optimal. Dan akhirnya kepada Allah Ta’ala jualah kami menyerahkan keikhlasan dan kesuksesan usaha ini.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar